2 Trik Jitu Atasi Ruang yang Lembap di Rumah Anda

2 Trik Jitu Atasi Ruang yang Lembap di Rumah Anda
2 Trik Jitu Atasi Ruang yang Lembap di Rumah Anda


Sahabat Rumah, Ada beberapa yang menjadi penyebab ruang menjadi lembap. Inilah 2 trik jitu mengatasinya.

Sahabat Rumah, Rumah dengan dinding luar yang tidak dilindungi teritisan atau tidak terhalang bangunan umumnya dapat menjadi lembap. Contohnya rumah yang terdapat di samping lahan kosong akan langsung terkena air hujan. Demikian juga pada case rumah bertingkat yang bersebelahan dengan rumah yang tidak bertingkat, akan ada dinding yang menjadi terlihat “terbuka” yang terpapar air hujan dan panas matahari.

Untuk case seperti ini, lakukan pelapisan dinding luar dengan waterproofing. Lakukan pemilihan waterproofing berbahan polimer karena lebih elastis dibanding bahan semen atau aspal. Waterproofing berbahan polimer tersedia dalam bermacam warna, sehingga fungsinya bukan hanya melindungi dinding, juga memperindah tampilan eksterior rumah anda.

Sahabat Rumah, Pengaplikasian waterproofing sama seperti proses pengecatan seperti biasa. Hanya perlu dilakukan pengulangan 2-3 kali dengan arah berbeda, yaitu secara vertikal dan horizontal sehingga terbentuk serat yang menutup pori-pori dinding yang di waterproofing.



Perbaiki Kesalahan Saat Membangun Rumah

Sahabat Rumah,Ruang lembap juga bisa disebabkan oleh kesalahan saat membangun. Menurut praktisi arsitek yang berasal biro The Arsitex Desain Interior and Built, Yance Sitanaya, jika jarak ketika proses plester dan aci terlalu cepat (plester belum kering sempurna sudah dilakukan pengacian), umumnya akan muncul bercak “ompol” pada permukaan dinding. “Mau dilakukan pengecatan berapa kali pun dinding itu pasti akan tetap timbul bercak ompol,” papar Yance.

“Kalau sudah terlanjur seperti itu maka perlakuan atau penanggulangannya adalah dinding dilakukan penormalan atau dialkali dulu, baru dilakukan pengecatan,” tuturnya menambahkan. Pengacian, bahkan plesteran, perlu dilakukan pengerokan agar bata di dalamnya kering sempurna, kemudian baru dicat. Jika perlu, lakukan pelapisan waterproofing sebelum dinding dilakukan pengecatan.

Bukaan Rumah Harus Lebar dan Memadai

Sahabat Rumah, Rumah yang sehat tentu mempunyai sirkulasi udara yang baik, dengan mempunyai bukaan yang memadai. Apabila di bagian depan rumah terdapat jendela, maka posisi void yang ideal adalah di bagian belakang rumah sehingga terjadi sirkulasi aliran udara. Pintu dan jendela yang posisinya berhadap-hadapan merupakan contoh posisi yang kurang pas karena udara tidak mengalami “pembelokan”.

Pintu dan jendela pasnya diposisikan saling bersilangan sehingga udara mengalami pembelokan dan mengalir mengisi ruang di dalam rumah anda. Bukaan yang memadai akan memudahkan cahaya matahari masuk dan menghalau timbulnya lembap.

Sahabat Rumah, jika sebuah ruang bersebelahan dengan wilayah area basah seperti daerah kamar mandi atau dapur kotor, dinding dapur atau kamar mandi dapat dilakukan pelapisan waterproofing sebelum dilakukan pemasangan keramik. Dinding ruang di sebelahnya pun perlu dilakukan pelapisan waterproofing agar kedap air sehingga terbebas lembap.

Semoga bermanfaat..jangan lupa share ya…
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »